Inilah Lima Manfaat Matematika Bagi kehidupan Masa Depan


MATEMATIKA, tanyadisini.com – Tak jarang kebanyakan siswa jika mendengar dengan kata “Matematika”, seperti merasa alergi mendadak. Tak banyak siswa yang menyukai mata pelajaran ini. Mulai dari sekolah dasar bahkan sampai kuliahpun, Matematika selalu ada meskipun bukan jurusannya.
Sumber: Google.com

Meskipun ada pelajaran yang sebenarnya lebih sulit dari matematika, namun yang terkenal seram di pikiran siswa adalah pelajaran Matematika. Meskipun telah mencoba untuk menyukai pelajaran tersebut, namun hanya beberapa saat saja, selanjutnya alergi akan pelajaran ini kembali kambuh.
Padahal sesungguhnya belajar matematika ini memiliki berbagai manfaat dikehidupan yang akan datang.

Inilah 5 manfaat dari matematika dikehidupan kita
1. Pola pikir sistematis
Tanpa kita sadari, bahwa matematika adalah ilmu yang melatih kita untuk berpikir secara sistematis. Pola pikir yang sistematis ini sangat penting dalam pekerjaan maupun menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan pola pikir ini, kita bisa akan terbiasa dan mudah dalam mengorganisasi segala sesuatu. Karena dengan ilmu matematika, dalam tak sadar kita telah melatih otak kita untuk bekerja secara runut.

2. Logika berpikir lebih berkembang
Seluruh aspek dalam pelajaran matematika melatih otak kita untuk terus berpikir secara logis. Tidak ada asumsi, praduga, ataupun tebak-tebakan. Bisa dikatakan bahwa ilmu matematika ialah ilmu pasti.
Berdasarkan literasi yang ditulis oleh John dan Rising (1972) mnyebutkan bahwa matematika dibentuk atas dasar kebutuhan pembuktian yang logis. Jadi bisa diartikan bahwa ilmu matematika bisa dibuktikan kebenarannya.
Salah satu contoh pemikiran yang logis adalah kehidupan yang serba modern saat ini memudahkan segala informasi yang belum tentu kebenarannya menyebar dengan sangat cepat bahkan dengan hitungan detik. Dalam menyikapi hal ini, bagi seseorang yang memiliki pemikiran yang logis akan mencari tau kebenarannya dari kabar atau berita tersebut. Berbeda dengan orang yang memiliki pemikiran logis yang rendah, mereka akan cepat mudah percaya dengan apa yang mereka terima tanpa mencari tahu kebenarannya. 
3. Terlatih Berhitung
Berhitung sangat dibutuhkan dalah menjalani kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sebagai pengusaha, ataupun pekerja kantoran. Orang biasapun sangat membutuhkan ilmu berhitung. Misalnya saja untuk menghitung uang.
Hal yang sepele inipun ternyata juga berhubungan apa yang di sebut Matematika.
4. Mampu Menarik Kesimpulan Secara Deduktif
Selain disebut sebagai ilmu pasti, matematika juga disebut dengan ilmu deduktif, yang berarti matematika bisa membantu sesorang dalam menarik sebuah kesimpulan berdasarkan pola yang umum.
Hal ini akan melatih otak kita untuk selalu berpikir secara objektif. Kemampuan ini adalah satu dari sekian banyak soft skill yang banyak dicari oleh seluruh bidah pekerjaan.
5. Menjadi Teliti, Cermat, dan Sabar
Soal dalam pelaran matematika tidal lepas dari sebuah soal-soal yang rumit dan panjang. Bahkan butuh ketelitian untuk menyelesaikannya. Kesabaran adalh kunci dari ketelitian dalam mengerjakan sebuah soal matematika.
Tak jarang dalam sebuah ujian, soal matematika hanya berjumlah tidak lebih dari 10 bahkan hanya 5 soal. Namun untuk mngerjakannya bisa membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan waktu 2 jampun blum cukup rasanya untuk mnyelesaikan semua soal tersebut.
Dengan demikian, seseorang yang terbiasa dengan soal-soal matematika yang begitu sulit dapat berkembang menjadi sosok yang teliti, cermat, dan sabar.
Itulah sedikit gambaran tentang apa kegunaan matematika di kehidupan kita. Apapun jurusan di perkuliahan, Ilmu matematika akan selalu ada meskipun tidak ada hubungannya dengan jurusan yang di ambil diperkuliahan. Semoga bermanfaat..

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment