Mengenal Lebih Tentang Sejarah dan fungsinya

Sumber: Google.com




PENGETAHUAN, tanyadisini.com Tidak bisa dipungkiri, keberadaan uang sangatlah penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Tak seorangpun yang tidak mengenal apa itu uang. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita membutuhkan yang namanya uang.

Menurut ilmu ekonomi, entah itu ilmu ekonomi tradisional atau modern. Arti dari uang ialah alat tukar suatu barang yang bisa diterima secara umum.

Menurut dari perkembangannya, uang mengikuti perkembangan manusia itu sendiri. Dan nilainyapun juga mengikuti perkembangan tersebut. Fungsi juga demikian, dari awalnya hanya sebagai alat tukar, mengikuti perkembangan jaman, uang juga brfungsi sebagai alat ukur hingga menjadi sebuah pendorong kegiatan ekonomi sebuah negara.

Awal Munculnya Uang
Setiap manusia berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-harinya. Seiring dengan perkembangan di jaman itu. Namun apa yang mereka hasilkan tidak bisa memenuhi segala kebutuhannya. Dan ternyata apa yang dia butuhkan ternyata dihasilkan oleh orang lain, begitu sebaliknya.

Dari masalah inilah muncul suatu kegiatan tukar menukar barang antara orang satu dengan lainnya yang saling membutuhkan. Kegiatan inilah yang disebut dengan istilah Barter atau in nature.

Namun, kegiatan ini tidak bertahan lama, dari munculnya ketidakpuasan antar perorangan. Yang sulit untuk menentukan apakah barang yang mereka tukar tersebut memiliki nilai yang sama. Dan juga sulitnya untuk menemukan orang yang memiliki brang yang sedang kita butuhkan, belum lagi jika orang tersebut tidak berminat untuk menukarkan barangnya dengan barang yang kita tawarkan.

Sejarah Uang di Dunia dan Indonesia
Uang pertama kali muncul pada abad ke-6 sebelum masehi. Bangsa Lydia adalah bangsa pertama yang meciptakan uang dengan cara menempa campuran emas dan perak (elektrum) yang berbentuk seperti kacang polong.
Sumber: Google.com

Komposisi pencampuran antara emas dan perak ialah 75:25. Dan pencampuran ini dikenal sebagai ‘starter’ atau ‘standar’.

Sekitar tahun 560 – 546 SM, Croesus menciptakan uang logam yang khusus dipergunakan untuk bangsa Yunani. Sedangkan uang kertas pertama kali di cinptakan oleh bangsa Tiongkok pada abad pertama masehi oleh dinasti Tang. Uang kertas diciptakan karena kesulitan untuk mendapatkan logam mulia (emas dan perak) sebagai bahan baku uang logam sangat terbatas unutk bertransaksi skala besar-besaran.

Sedangkan perkembangan uang di Indonesia sudah dimulai sejak kerajaan-kerajaan Nusantara. Setiap kerajaan dijaman itu sudah memiliki janis mata uang sendiri-sendiri. Uang yang berbahan dasar emas dan perak tersebut ditentukan nilainya dengan berat.

Adapun kerajaan yang memiliki uang dari bahan kain tenun yang disebut dengan kampua, uang ini dinilai dari corak atau warnanya.

Pada masa penjajahan, VOC menerbitkan uang berbentuk Koin dan kertas. Mata uang kertas dibuat dengan menggunakan jaminan perak 100%.

Fungsi Uang
Uang yang biasa kita gunakan sehari-hari ini memiliki 2 fungsi. Diantaranya
Sumber: Google.com

1.       Fungsi Asli
Sebagai alat tukar, sebagai alat satuan hitung, dan sebagai alat penyimpan nilai. Sebagai alat tukar artinya uang digunakan sebagai alat pertukaran terhadap barang dan jasa yang dibutuhkan.

Sebagia satuan hitung ialah uang digunakan sebagai alat untuk mengukur nilai suatu barang. Uang sebagai alat penyimpan nilai adalah uang dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa kehilangan nilai aslinya.

2.       Fungsi Turunan
Fungsi ini muncul karena perkembangan konsis sosial masyarakat.
Alat pembayaran yang sah, diberlakukan karena untuk memudahkan masyarakat untuk bertransakasi.
Alat penimbun kekayaan, uang dapat digunakan sebagai alat ukur kekayaan sesorang dengan harta yang dimilikinya.
Alat pemindah kekayaan, nilai suatu benda dapat dicairkan dalam bentuk uang tanpa mengurangi nilai benda tersebut.
Standar pencicilan, sabagai standar dalam proses pencicilan/angsuran.
Pendorong kegiatan ekonomi, uang dipakai untuk modal investasi.

demikian sedikit penjelasan mengenai sejarah dan fungsi dari uang yang biasa kita gunakan sehari-hari. semoga bermanfaat.

Newer Posts Newer Posts

More posts

Comments

Post a Comment